Sabtu, 08 Oktober 2016

Membuat Roti Goreng Enak dan Praktis

Membuat Roti Goreng Enak dan Praktis
Membuat Roti Goreng Enak dan Praktis

Roti goreng yang biasa disebut di Jawa Timur, khususnya di Surabaya, disebut juga Odading atau kue bantal di daerah Jawa Barat. Sedangkan di Jawa Tengah sebutan untuk roti goreng ini adalah roti “bolang-baling.”
Mengenai penamaan Odading, Remy Sylado mengisahkan sebuah etimologi yang menarik. Kisahnya bermula dari seorang bocah belanda yang menginginkan makanan yang dijajakkan oleh seorang pria. Ia menunjuk-nunjuk makanan tersebut dengan maksud agar mamanya membelikan satu untuknya.
Ibu anak tersebut kemudian memanggil pria yang menjajakkan makanan tersebut lalu membuka penutupnya. Setelah tahu makanan apa di balik penutup itu, ia pun berujar, “oh, dat ding.” Maksudnya mengungkapkan, “oalah itu toh.” Demikianlah, hingga saat ini roti goreng itu pun dikenal dengan nama Odading.

Resep Membuat Roti Goreng Enak dan Mantap

Bahan-bahannya :

1.    10 lembar roti tawar
2.    2 butir telur ayam
3.    4 buah sosis ayam/sapi ukuran normal
4.    5 sendok makan tepung roti
5.    Meises coklat secukupnya
6.    Keju cheddar secukupnya
7.    Margarin/mentega secukupnya

 

Cara Membuat Roti Goreng Enak dan Praktis :

1.  Pertama-tama siapkan semua roti tawarnya dulu, gilas roti hingga tipis. setelah itu sisihkan dulu rotinya.

2.    Potong sosis kecil-kecil maupun belah menjadi dua bagian memanjang, goreng hingga sosis goreng matang. selanjutnya sosis sisihkan dulu.

3.  Siapkan dua wadah atau mangkuk, selanjutnya kocok telur dalam wadah satu, dan tuangkan pula tepung roti ke dalam wadah dua (wadah yang tepung roti sebaiknya yang agak lebar).

4.   Ambil roti tawar selanjutnya isi dengan meises, sosis goreng dan keju cheddar sesuai selera.

5.    Olesi pinggiran roti yang telah di gilas dan diisi dengan isian dengan telur yang sudah di kocok, gunanya untuk perekat.

6.    Berikutnya lipat ataupun gulung sambil di tekan ujungnya agar tak ada celah. kemudian celupkan ke dalam mangkuk telur sebentar saja.

7.    Ambil dan gulingkan ke dalam wadah berisi adonan tepung roti tadi.

8. Goreng dengan sedikit mentega/margarin sebentar saja jangan terlalu lama hinggamatang dan berwarna kuning keemasan. jangan lupa untuk bolak balik rotinya agar matangnya rata.

9.    Sajikan selagi hangat bersama kopi hitam.

Demikian resep membuat roti goreng yang enak dan mantap, mudah bukan ? Isian bisa di ganti dengan bahan lainnya seperti selai nanas, stroberi dan lainnya sesuai selera anda. Selamat mencoba !
Sumber : resepkueindonesia.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar