Sabtu, 08 Oktober 2016

Resep Membuat Singkong Keju Ala Bandung

Resep Membuat Singkong Keju Ala Bandung
Resep Membuat Singkong Keju Ala Bandung

Singkong atau sering juga disebut ubi kayu, tentu sudah sangat akrab dalam kehidupan sehari-hari. Secara tradisional, singkong sangat diminati sebagai pengganti dari makanan pokok kita yaitu nasi. Hal itu tak salah, karena singkong memang mengandung cukup tinggi kalori dan sumber energi yang baik. Dalam perkembangannya, singkong kini telah banyak dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam olahan penganan/jajanan, atau diambil patinya untuk berbagai macam keperluan.

Singkong rendah lemak dan 0 kolesterol, namun ia cukup tinggi kalori, bahkan hampir dua kali lipat kalori daripada kentang. Hal ini mungkin yang tertinggi dari setiap umbi tropis yang kaya pati. 100 g ubi kayu menyediakan 160 kalori, terutama berasal dari sukrosa yang membentuk sebagian besar gula pada umbi-umbian, yang total terhitung lebih dari 69 % dari total gula. Gula kompleks amilosa lainnya adalah sumber karbohidrat utama yaitu sekitar 16-17 %. Dengan demikian, singkong bisa sebagai makanan alternatif selain nasi untuk mendapatkan cukup energi bagi tubuh kita. Nah pada kesempatan kali ini, kita akan membagikan informasi bagaimana mengolah singkong atau ubi kayu menjadi hidangan favorit keluarga anda, simak resepnya di bawah ini :


Resep Membuat Singkong Keju Ala Bandung


Bahan-bahan yang diperlukan :


1.    1 kg Singkong (cuci bersih dan potong dengan ukuran sesuai selera)
2.    6 siung Bawang putih (haluskan)
3.    2 sendok makan garam
4.    Ketumbar bubuk (opsional)
5.    Air secukupnya
6.    Keju parut secukupnya

Cara Membuat Singkong Keju Enak dan Praktis :


1.    Langkah pertama goreng dulu singkongnya dengan api sedang sampai setengah matang. Angkat dan tiriskan
2.    Kemudian rendam singkong setengah matang tadi dengan air yang sudah dicampur bawang putih dan garam. Bila suka bisa ditambah ketumbar bubuk.
3.    Tunggu singkong sampai merekah.
4.    Jika sudah, selanjutnya goreng kembali singkong tadi sampai benar-benar matang dan crispy.
5.    Letakan singkong diatas piring saji dan olesi dengan mentega lalu taburi keju parut diatasnya.

Nah demikianlah tadi resep membuat singkong keju ala Bandung yang bisa anda coba dirumah, mudah bukan ? Agar mendapatkan hasil yang maksimal, maka sebaiknya pilih singkong yang benar-benar berkualitas. Selamat mencoba !
Sumber : resepkueindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar